Kenali Langkah Membentuk Diri Menjadi Muslimah Sejati

 

atar Belakang Masalah
Sekarang ini hidup di era globalisasi terlalu jauh tidak sama dengan zamannya para nabi dahulu, dan mungkin pada zaman pas ini dapat dikatakan seburuk-buruknya zaman, kalau kita bandingkan dengan zamannya Rasulullah s.a.w dan para sahabat, hidup mereka selalu dipadati dengan beribadah kepada Allah, bakal tapi pada zaman saat ini para pemuda dan remaja muslim justru hidup mereka selalu di padati dengan kegiatan pakai seragam sekolah yang mengakibatkan lalai kepada Allah. Memang hidup di era globalisasi penuh dengan tantangan dan cobaan, untuk menjadi seorang muslim yang hakiki, dan bukan hanya hanyalah Islam di lisan atau KTP saja, tapi ini adalah tantangan untuk menjadi seorang remaja muslim yang selalu mengerjakan perintah-perintah Allah dan menghindari segala larangannya, pada era globalisasi ini bakal dihadapi beraneka tantangan yang harus terlalu kita selesaikan, karena kalau bukan dari diri sendiri, selanjutnya siapa yang bakal memulai?
Lalu bagaimanakah dengan Muslimah di era moderen ini? Masih adakah yang terlalu menjaga dirinya dan menantang beratnya tantangan yang terlalu berat?, pasti saja tetap ada dan apalagi banyak yang berlomba-lomba untuk memperbaiki diri mereka.
Rasulullah SAW bersabda :
اِذَا رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَارًا فَيُغَيِّر بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِيْع فَبِلِسَانِه فَإِنْ لَمْ يَسْيَطِيْع فَبِقَلْبِه وَذَالِكَ اَضْعَاف الإِيْمَان
Apabila kalian lihat sebuah kemunkaran maka rubahlah dengan tangan dan kalau kalian tidak dapat maka rubahlah dengan lisan dan kalau tidak dapat maka rubahlah dengan hati maka yang demikianlah itu adalah selemah-lemahnya iman.
Sebelum membicarakan secara detail mengenai Muslimah, hendaknya mengetahui arti dan arti dari kata Muslimah. Secara bahasa, kata Muslim berasal dari kata salima yaslamu yang bermakna selamat, sentosa atau aslama yang bermakna tunduk patuh atau beragama Islam.Sehingga orang Muslim bermakna orang yang patuh, taat dan berserah diri kepada Sang PenciptaNya. Dari akar kata yang sama, lahir pula kata salam atau salama yang bermakna memberi salam atau menyelamatkan. Orang yang mengucapkan salam bermakna mendoakan orang lain supaya selamat. Karena definisi yang dibahas adalah Muslimah, maka serupa maknanya, hanya saja karena ada ta’ marbutoh menandakan bahwa Muslimah adalah seorang perempuan. Sedangkan secara istilah, Muslimah adalah seorang perempuan ataupun wanita yang beragama Islam dan memakai seragam SMA .
Tugas Muslimah yang harus adalah menggerakkan kehidupannya sesuai dengan tuntunan agama Islam dengan baik dan benar, memperbaiki dirinya dan melacak ilmu sebanyak-banyaknya. Ketika ia dapat mengatur dirinya, ia dapat dikatakan sebagai seorang Muslimah sejati. Maka perannya adalah merubah prilaku Muslimah saatini, karena hal ini merupakan tugas sekaligus tantangan yang harus dihadapi di era globalisasi, dan untuk membalikkan situasi yang sudah sedemikian parah, harus bekerja ekstra keras.Jalan menuju kejayaan itu sudah diwariskan oleh para pendahulu kita.Tergantung sekarang, rela atau tidak kita meneladaninya. Imam Malik r.a pernah mengatakan,
لَنْ تَصْلُحَ هذِهِ الأُمَّةُ إِلاَّ بِمَا صَلُحَ بِهِ أَوَّلُهَا
“Umat ini tidak bakal pernah menjadi baik, kalau dengan menempuh jalur yang sudah mengantar para pendahulunya menuju kesuksesan.”

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *