Pelajaran Pemasaran Dari Magang TV

Periklanan dan pemasaran adalah disiplin kreatif. Itulah salah satu alasan saya suka menjadi bagian dari industri pemasaran. Artikel ini dipersembahkan oleh fiforlif.co.id distributor resmi Fiforlif segera dapatkan dengan harga terbaik.

Menemukan solusi kreatif untuk membantu klien menjual produk dan layanan mereka adalah cara yang menyenangkan untuk mencari nafkah. Setelah mengatakan itu, saya juga harus mengatakan bahwa terlalu sering saya melihat pemasar pergi terlalu jauh.

Image result for magang di tvMenurut saya, tentu saja mungkin menjadi terlalu kreatif untuk kebaikan Anda sendiri. Apa sebenarnya yang saya maksud dengan itu? Izinkan saya berbagi contoh yang sangat terbuka untuk dijelaskan.

Contoh saya berasal dari reality show televisi, “The Apprentice.” Oke, jadi saya akui itu, saya suka pertunjukan itu. Saya tidak banyak penggemar reality TV, tetapi ada sesuatu tentang menonton tim-tim ini bersaing dalam tantangan bisnis minggu ke minggu dan keluar dari intrik itu dan menghibur saya.

Cukup sering mereka diberi tugas terkait pemasaran di acara itu. Mari kita hadapi itu, pemasaran adalah salah satu dari pekerjaan paling penting yang pernah Anda miliki dalam bisnis. Jika Anda bisa melakukannya dengan baik, bisnis Anda kemungkinan besar akan berhasil. Jika Anda tidak bisa memasarkan dengan baik, bisnis Anda bermasalah.

Dalam episode terbaru “The Apprentice”, tugasnya adalah membuat iklan TV untuk Dove Body Wash. Tim-tim tersebut diinstruksikan untuk datang dengan tempat “30 detik” untuk mempromosikan produk. Hasil?

Kedua tim menciptakan sampah! Saya kira beberapa orang mungkin berpendapat bahwa mereka pasti berpikir “di luar kotak,” dan kedua tim mencoba membenarkan apa yang mereka lakukan, tetapi pada akhirnya, mereka gagal dengan menyedihkan di tugas nomor satu mereka: menjual produk!

Dan itulah yang menurut saya terjadi pada banyak pemasar yang mencoba terlalu kreatif. Mereka melupakan fakta bahwa pekerjaan mereka adalah menjual produk atau jasa. Untuk melakukan itu secara efektif, pemasaran Anda harus berupa satu kata: relevan.

Anda dapat menjadi pandai atau kreatif seperti yang Anda inginkan, tetapi pada akhirnya jika pemasaran Anda tidak relevan dengan produk dan bagi mereka yang paling mungkin untuk membelinya, Anda telah gagal.

Dengar, saya sadar kita harus kreatif untuk menangkap perhatian audiens. Setelah semua kita mencoba untuk memotong lautan kekacauan pemasaran. Saya hanya berharap lebih banyak pemasar berusaha lebih keras untuk terhubung dengan audiens mereka vs sekadar menghibur mereka.

Heck, saya kadang bertanya-tanya apakah pemasar bahkan tahu siapa audiensinya. Ini jelas berperan dalam The Apprentice dengan kedua tim menunjukkan pria menggunakan Dove Body Wash dalam iklan mereka. C’mon, tidak perlu banyak akal untuk mengenali produk ini untuk wanita! Tetapi karena mereka begitu terfokus untuk menjadi pintar, mereka kehilangan pandangan akan fakta yang sangat mendasar ini.

Jika saya dapat meninggalkan Anda dengan satu pemikiran, inilah: Identifikasi dan kenali audiens Anda dan kemudian tujukan untuk terhubung dengan mereka dan loncat ke dalam percakapan yang sudah mereka miliki di kepala mereka tentang produk atau layanan Anda.

Jika Anda dapat melakukan ini, Anda akan efektif dalam menangkap perhatian mereka, DAN menjual produk atau layanan Anda.