Pemilihan Alat Pelindung Diri Sangat Penting

Penting untuk memastikan pemilihan peralatan pelindung pribadi yang benar dilakukan karena tidak semua peralatan keselamatan akan memenuhi persyaratan kinerja yang sama atau memberikan perlindungan yang sama. Sebagai contoh, tidak satu jenis sarung tangan memberikan perlindungan yang memadai terhadap semua bahan kimia atau respirator yang dirancang agar efektif terhadap tingkat udara menengah dari bahan kimia mungkin tidak efektif terhadap tingkat tinggi dari bahan kimia yang sama.

Hasil gambar untuk alat pelindung diriKetika memilih alat pelindung diri yang tepat, pertimbangan harus diberikan kepada elemen seperti: daya tahan, permeabilitas, ketahanan abrasi, ketahanan bakar, isolasi, ketahanan potong, ukuran, kenyamanan, dan kemampuan untuk dibersihkan.

Alat pelindung diri dirancang untuk tugas tertentu dan bentuk yang paling umum ada dalam kategori ini:

Perlindungan kepala dalam bentuk helm pengaman harus dipakai di mana, ada kemungkinan bahwa seseorang dapat dipukul di kepala oleh benda jatuh, seseorang dapat memukul kepala mereka terhadap benda yang tetap, dan mungkin juga ada kepala yang tidak disengaja kontak dengan bahaya listrik.

Perlindungan mata harus diberikan apabila ada risiko cedera mata. Bahaya yang khas mungkin termasuk partikel terbang, debu, percikan zat, gas berbahaya, uap, aerosol, dan radiasi intensitas tinggi dari operasi pengelasan.

Alat pelindung pendengaran harus disediakan apabila ada risiko gangguan pendengaran yang disebabkan kebisingan. Kebutuhan untuk perlindungan pendengaran harus dinilai dari pelaksanaan survei kebisingan di daerah-daerah yang berpotensi menimbulkan kebisingan. Jika seseorang tidak dapat mendengar percakapan normal dari jarak dua kaki, perlindungan pendengaran kemungkinan besar diperlukan.

Perlindungan pernafasan harus diberikan, setelah semua tindakan praktis lainnya telah diambil untuk memberikan tindakan pengendalian, untuk memastikan bahwa tidak ada anggota staf yang terkena atmosfer yang atau mungkin merugikan kesehatan.

Pakaian pelindung dan tabir surya harus disediakan untuk staf yang diwajibkan untuk bekerja di luar ruangan dan terpapar sinar matahari untuk periode terus menerus dalam sehari. Paparan langsung dari kulit ke radiasi UV dari pekerjaan luar harus diminimalkan dengan menyediakan topi, lengan panjang / celana panjang dan persediaan sunscreen yang cukup.

Perlindungan tangan harus disediakan jika ada bahaya yang diidentifikasi yang terkait dengan potensi cedera tangan.

Sepatu pelindung atau sepatu keselamatan harus disediakan di tempat sifat pekerjaan memaparkan karyawan pada risiko cedera kaki sampai sedang hingga tinggi.

Rompi keselamatan visibilitas tinggi harus disediakan dan dipakai di mana ada risiko cedera yang terkait dengan bekerja di atau dekat jalan raya atau dekat lalu lintas yang bergerak atau memindahkan tanaman.

Perlindungan jatuh harness harus diberikan ketika personil harus bekerja di ketinggian.

Peralatan pelindung yang disediakan untuk digunakan harus sesuai untuk pemakainya dan yang mengendalikan risiko. Agar peralatan pelindung sepenuhnya efektif, pemakainya perlu dilatih tentang penggunaannya. Peralatan pelindung harus dalam kondisi bersih dan higienis bagi pemakainya.

Peralatan ini tidak boleh dibagi antara pemakai kecuali peralatan dianggap bersih. Setiap peralatan pelindung yang digunakan harus disimpan dan ditempatkan di tempat yang sesuai sehingga tetap bersih dan tidak terkena unsur-unsur. Area penyimpanan untuk peralatan pelindung harus didefinisikan dengan jelas. Cari label produsen untuk instruksi tentang perawatan dan persyaratan khusus apa pun.

Artikel Lain : Langkah untuk peluncuran yang sukses.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *