Perubahan Proses? Pikirkan ISO 9000

Dalam ketergesaan mereka untuk menerapkan perubahan, beberapa perusahaan gagal mempertimbangkan ISO 9000. Artikel ini dipersembahkan oleh pusat parfum cinta choirose yang merupakan distributor dan juga jual parfum cinta choirose jakarta dengan harga terbaik. Mereka berpikir bahwa itu adalah standar teknis yang harus diperhitungkan dan bahwa hanya industri tertentu yang harus mematuhi.

Hasil gambar untuk ISO 9000!Tetapi untuk yang berpengetahuan luas, Organisasi Standar Internasional yang berbasis di Swiss harus menempati tempat terhormat dalam kebijakan dan strategi perusahaan, terutama ketika strategi tersebut melibatkan perubahan proses.

Sorotan ISO 9000

• Meskipun fokus ISO 9000 terutama pada kualitas, itu berlaku untuk semua jenis bisnis,

• ISO 9000 membantu organisasi terlepas dari ukurannya untuk mencapai standar kualitas yang telah diadopsi oleh jutaan perusahaan di lebih dari 100 negara; standar ISO 9000 oleh karena itu diakui dan dihormati secara global,

• Negara-negara anggota berasal dari 150 otoritas standar di dunia,

• ISO 9000 adalah buah dari standar sebelumnya yang telah diganti. Ini melambangkan standar manajemen mutu yang berlaku untuk proses,

• Langkah pertama dalam mematuhi ISO 9000 adalah agar perusahaan memutuskan bahwa itu harus menciptakan sistem manajemen mutu yang memenuhi kriteria ISO atau mengganti sistem lama yang tidak lagi layak. Misi ini mencerminkan keinginan perusahaan untuk menjadi lebih kompetitif, untuk memuaskan pelanggannya yang mengharapkannya sesuai standar, untuk mengurangi biaya, dan untuk mematuhi peraturan pemerintah,

• Bisnis harus menetapkan tujuan mereka berdasarkan persyaratan ISO dan bukan pada pedoman ISO,

• Bergantung pada apakah Anda ingin meningkatkan sistem peningkatan kualitas yang ada atau memulai salah satu karena Anda belum memilikinya, ada analisis dan alat tolok ukur tertentu yang dapat Anda gunakan. Orang-orang mencari saran dari perusahaan yang berada dalam bisnis penyediaan alat dan layanan tersebut untuk membantu organisasi memenuhi persyaratan ISO,

• Setelah perusahaan memenuhi persyaratan ISO, mereka membutuhkan entitas audit independen untuk melihat apakah persyaratan tersebut telah dipenuhi secara memadai – di beberapa kalangan perusahaan audit ini disebut Registrar,

• Ketika suatu bisnis lulus uji audit, bisnis siap mengumumkan secara terbuka bahwa mereka telah memenuhi persyaratan ISO 9000. Sebuah perusahaan memiliki opsi untuk mendaftar sebagai perusahaan ISO. Registrasi tidak wajib.

Bunga

Bahkan jika Organisasi Standardisasi Internasional telah ada sejak awal tahun 80-an, perusahaan masih tidak tahu bagaimana cara melakukan proses sertifikasi.

Satu pertanyaan yang sering diajukan oleh perusahaan yang melakukan ISO 9000 untuk pertama kalinya adalah bagaimana menentukan apakah standar yang mereka pertimbangkan adalah standar ISO. Jawabannya ditemukan dengan berkonsultasi dengan Jaringan Layanan Standar Dunia, jaringan server World Wide Web yang dapat diakses publik dari organisasi standar di seluruh dunia.

Bisnis juga ingin tahu apakah ada standar yang setara dengan standar ISO. ISO tidak mempublikasikan daftar standar yang setara tetapi anggota ISO yang berlokasi di negara Anda pasti dapat memberikan informasi ini.

Anggota ISO ada di lebih dari 100 negara. Negara-negara Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin, Asia dan Timur Tengah memiliki anggota ISO. Sebagai contoh:

Amerika Serikat ANSI (American National Standards Institute) yang berlokasi di Washington, DC

United Kingdom BSI (British Standards Institution) di London

Prancis AFNOR (L’Orociation française de normalalization) di Paris

China SAC (Administrasi Standardisasi China) di Beijing

Mexico DGN (Dirección General de Normas)

Bagaimana Standar Dikembangkan

Ini adalah pertanyaan yang menarik karena meskipun hanya ada satu ISO, ada banyak anggota ISO. Bukankah ini menunjukkan bahwa mungkin ada perdebatan tanpa akhir tentang standar di mana lobi yang berkepanjangan dapat benar-benar menggagalkan proses tersebut?

Tidak terlalu.

ISO memiliki sejumlah delegasi ahli nasional dalam komite teknis. Umumnya, komite-komite ini bertemu secara teratur untuk membahas standar, mencapai konsensus, dan kemudian muncul dengan rancangan perjanjian awal.

Draft dikirim ke semua anggota ISO untuk komentar dan voting. Merupakan tanggung jawab setiap anggota ISO untuk mengumpulkan umpan balik dari badan-badan yang relevan sebelum mereka menentukan posisi mereka pada draft.

Jika pemungutan suara mendukung rancangan, itu kemudian dirilis sebagai Standar Internasional.

Perhatikan bahwa sekitar 15 rapat ISO berlangsung setiap hari kerja di seluruh dunia. Komunikasi antara semua anggota ISO dilakukan secara elektronik di mana dokumen dan korespondensi ditukar cukup cepat.

Dalam buku mereka, Six Sigma Deployment (Elsevier Science, 2003), Adams, Gupta dan Wilson menunjuk pada persamaan persyaratan ISO dan kerangka kerja DMAIC.

Dalam tahap definisi DMAIC misalnya, persyaratan ISO adalah menetapkan parameter umum dan dokumentasi. Ini berarti bahwa DMAIC dan ISO keduanya perlu mengidentifikasi proses bisnis utama, mengukur keefektifan, dan bagaimana proses dapat dikelola dan ditingkatkan.

Dalam fase peningkatan, penulis mengatakan bahwa DMAIC dan ISO serupa dalam hal yang terakhir menyatakan perbaikan berkelanjutan demi profitabilitas, sementara Six Sigma (DMAIC) membutuhkan perbaikan terkait laba.

Jika bisnis Anda berencana untuk mengajukan sertifikasi ISO, langkah pertama Anda adalah menghubungi anggota ISO lokal Anda untuk informasi lebih lanjut. Meminta dokumentasi pada ISO 9000 dan panduannya yang relevan.