Rekomendasi Jilbab Anak

Rekomendasi Jilbab Anak . Setiap orang tua tentu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati mereka. Termasuk ketika memilih gaya pakaian yang tepat untuk anak.

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda mungkin ingin mengajarkan kewajiban seorang muslim sedari kecil dengan memakaikan jilbab pada putri Anda. Namun berbeda dengan orang dewasa, pemilihan pakaian atau jilbab yang digunakan oleh anak tentu perlu dipilih dengan baik.

Seperti yang tercantum dalam firman Allah ta‘ala, surat An-Nuur, ayat 31

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung (khimar) ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’” (Qs An Nuur: 31)

Tak hanya perlu dipastikan bahan yang digunakan cukup nyaman, jilbab yang digunakan oleh anak juga harus cukup aman.

Berilah motivasi dan pujian pada anak. Untuk anak bayi atau balita, mungkin mereka belum mengerti manfaat dari berjilbab itu seperti apa atau ketika orang tua memberikan motivasi dan pujian kepada mereka.

Namun, ketika anak tumbuh besar, mereka akan mulai bertanya-tanya kegunaan dari berjilbab. Dalam parenting islami, jelaslah di sini terdapat tugas orang tua untuk dapat memberikan penjelasan kepada sang anak yang tentunya harus disesuaikan dengan usia dari anak tersebut.

Memberikan motivasi dan pujian kepada anak juga perlu dilakukan agar anak merasa bahwa yang mereka lakukan merupakan suatu hal baik, seperti “Kamu anggun sekali, Nak, memakai jilbab ini. Ummi bangga sama kamu.

Dipakai terus ya jilbabnya kalau keluar rumah!” atau “Allah pasti sayang sekali sama kamu, Nak, karena kamu mau menuruti yang sudah Allah perintahkan untuk anak perampuan, yaitu berjilbab.” Dengan demikian, anak akan termotivasi dan senang untuk selalu berjilbab.

Pertimbangan dalam memilih jilbab untuk orang dewasa dan anak-anak tentu sangat berbeda. Jika orang dewasa mungkin hanya memilih dari segi model dan bahan, sedangkan memilih jilbab untuk anak-anak Anda perlu lebih teliti dan cermat.

Bahan yang Menyerap Keringat

Bahan kerudung untuk anak tentu harus yang menyerap keringat. Karna anak anak akan sangat aktif saat mereka bermain. Mereka tak tau udara panas atau hujan yang mereka rasakan hanyalah rasa senang ketika mereka bebas bermain.

Tidak hanya karena anak-anak sangat aktif bergerak, kulit anak juga cenderung sangat sensitif. Ada kalanya anak-anak sensitif terhadap keringat mereka, sehingga menggunakan jilbab yang menyerap keringat akan membantu mengurangi penyebab kulit kemerahan pada anak-anak.

Tidak Menggunakan Jarum

Meski hanya dalam bentuk bros, sebaiknya Anda hindari penggunaan jarum pada jilbab anak-anak. Karena bisa saja saat anak-anak aktif bergerak, jarum bros bergeser dan melukai mereka. Atau secara tak sadar sang anak memegang jarum atau bros yang mereka pakai.

Karena tingkat keingin tahuan si anak sedang berkembang, benda apapun yang menurutnya menarik atau mengganggunya maka mereka akan dekati atau cari tau benda apa itu.

Jika sang anak belum mengetahui benda tajam maka jarum atau bros yang dikenakan akan melukai si anak. Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan? Sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum terjadi kejadian fatal yang dapat melukai anak Anda.

Memilih Warna Cerah

Seperti kepribadian anak yang ceria, pilih lah warna kerudung yang cerah. Seperti pink, biru, merah, kuning, atau pastel akan membuat anak semakin terlihat imut dan menggemaskan. Jangan lupa sesuaikan juga jilbab anak dengan warna pakaian yang mereka pakai.

Jilbab Instan

Selain lebih nyaman, jilbab instan juga menghindari pemakaian jarum pentul atau bros. Jilbab instan juga tak membuat si anak repot karna ada bagian yang lepas. Sifat anak yang tak ingin repot juga salah satu mengapa anak anak lebih aman memakai jilbab instan untuk kesehariannya.

Jangan khawatir, sekarang ini sangat banyak, kok, pilihan jilbab instan di pasaran. Sudah banyak pilihan jilbab instan untuk anak-anak yang nyaman, aman, dan juga didesain menarik.

Model Kesukaan Anak

Selain tips-tips di atas, Anda juga sebaiknya memperbolehkan anak Anda untuk memilih jilbab yang akan mereka gunakan. Karena dengan begitu bisa saja mereka akan lebih senang untuk menggunakan jilbab.

Dan tak lupa untuk membimbing si anak untuk selalu memakai jilbab kemanapun mereka berada. Pelan pelan saja jangan di paksa, perlahan dan ikuti apa yang ia mau.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *