Simak Yuk Pemotor yang Ingin Mudik Gratis via Kapal Masih Bisa, Ini Jadwalnya

Kementerian Perhubungan meningkatkan satu perjalanan (voyage) mudik gratis pesepeda motor dengan kapal laut mengejar ketertarikan warga yang tinggi.

Direktur Lalu Lintas serta Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Wisnu Handoko menjelaskan, paket arus mudik pesepeda motor rute Jakarta–Semarang pada 30 Mei serta 1 Juni 2019 telah terisi penuh.

“Lihat hal itu, pemerintah buka 1 voyage dengan kapal serta rute yang sama pada 3 Juni 2019,” katanya, Selasa (7/5/2019).

Begitupun dengan agenda kapal pada arus balik Semarang–Jakarta ditambah pada 12 Juni sebab agenda 8 serta 10 Juni telah penuh. Menambahkan agenda itu jadikan keseluruhan kapal pelni paket keseluruhannya untuk sepeda motor jadi 6.000 unit serta 12.000 penumpang.

Selain itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran serta Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Ahmad Wahid menjelaskan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap terima kehadiran beberapa pemudik yang memakai kapal laut.

Ahmad menjelaskan, pilihan memakai kapal laut untuk warga yang akan mudik dengan sepeda motor ke Kota Semarang serta sekelilingnya ialah pilihan bijak sebab turut memberi dukungan program pemerintah untuk kurangi beban kepadatan jalan raya sepanjang arus mudik.

“Kami menyarankan supaya pemudik motor tidak bawa barang yang terlalu berlebih sebab tidak hanya beresiko buat pemudik waktu berkendara, mengakibatkan penataan di kapal jadi lebih lama,” kata Ahmad.

Berikut beberapa info penting berkaitan ketetapan serta kriteria yang perlu dipenuhi dengan pemudik yang ingin mendaftarkan mudik gratis dengan kapal:

1) Pendaftaran Mudik Gratis buat pengendara sepeda motor bisa dikerjakan dengan Online mulai 8 April 2019 s.d. 15 Mei 2019, lewat web : mudikgratis dephub, Isi data serta lengkapi kriteria lalu temukan kode booking lalu bawa serta kode booking ke tempat verifikasi untuk memperoleh tiket dari mulai 11 April s.d 18 Mei 2019.

2) Pendaftaran langsung dikerjakan dengan bawa kriteria seperti KTP, SIM C, STNK, KK asli pada tanggal 15 Mei s.d 29 Mei 2019 jam 09.00 WIB – 16.00 WIB. (Tiap hari, sepanjang paket masih ada)

3) Mengenai Tempat Verifikasi Serta Pendaftaran Langsung dikerjakan di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Penting Tanjung Priok, di Jl. Panaitan no. 105 Tanjung Priok Jakarta Utara serta Kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *