TATA CARA ATAU RUKUN UMROH LENGKAP


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillah semoga kita selamanya didalam lindungan Allah dan juga selamanya diberi kesehatan.
travel umroh bekasi elharamain wisata tarvel terdaftar di kementrian agama
Umroh juga kategori ibadah mahdoh, dan setiap ibadah majdoh udah pasti tersedia rukun-rukunnya. Sebelum itu itu, apa itu ibadah mahdoh? Yaitu ibadah yang udah ditetapkan syarat, rukun, daerah hingga watu. Seperti shalat ataupun puasa. Pasti di mulai bersama dengan tekad dan diakhiri bersama dengan Travel Haji Umrah salam atau berbuka. Berbeda bersama dengan haji Tata cara didalam umroh jauh lebih ringan.
Dan sekarang saya dapat menulis rukun dan tata cara umroh.
Rukun umroh
1. Niat Ihram
2. Thawaf
3. Sa’i
4. Tahallul
5. Tertib
Tata cara umroh
Pertama Ihram (Niat) berihram dari miqat yang udah dditentukan. Miqat bermakna garis start seorang jamaah yang dapat laksanakan ibadah haji atau umroh. umumnya miqot untuk mihrom dari Bir Ali daerah pada Makkah dan Madinah.
Sebelum ihram kita wajib laksanakan persiapan seperti mandi, mengenakan pakaian ihram berwudhu dan shalat sunnah ihram dua rakaat. Disini terdapat {beberapa|sebagian|lebih dari satu} larangan diantaranya
• Untuk Pria dilarang kenakan pakaian biasa, tidak boleh kenakan sepatu yang menutupi mata kaki dan penutup kepala seperti topi atau peci.
• Untuk Perempuan dilarang kenakan kaos tangan dan penutup wajah.
• Untuk keduanya dilarang kenakan wewangian, memotong kuku, memburu atau menganiaya binatang, menikah, mencaci, dan juga memotong pepohonan di tanah haram.
Saat ihram hendaknya membaca.
“Labaik ‘umrah” (aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umrah)
Setelah mengucapkan talbiah umrah,lanjut dan memperbanyak talbiah berikut.
“Labaik Allahumma labbaik. Labaik laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata laka wal mulk laa syariika laka”
Kedua thawaf Menuju masjidil haram mendahulukan kaki kanan lantas membaca
“Allahumma tahlii abwaaba rohmatik”
Mengelilingi ka’bah 7 putaran. 3 putaran pertama bersama dengan berlari-lari kecil. 4 putaran terakhir terjadi biasa.
Menuju hajar aswad, mengusap dan menciumnya. Jika tidak meungkinkan cukuo mengusap lantas mencium tangan yang mengusap hajar aswad. Jika masih tidak sangat mungkin cukup denagn memberi tanda bersama dengan tanagn tanpa mencium tangan yang memberi isyarat. Dan ini dikerjakan setiap putaran thawaf.
Di sunnahkan mengusap Tukun Yamani, tidak wajib mencuim tidak wajib tanda jika tidak meungkinkan.
Diantara Yamani dan hajar aswad disunnahkan membaca
“Robbana aatina fid dunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qina ‘adzabannaar”
Setelah thawaf menutup ke-2 pundak dan menuju makam ibrahim. Lalu shalat sunnah thawaf dua rakaat. Lalu meminum air zam zam dan ulang ke hajar aswad
Ketiga Sa’i umroh. Menuju bukit shafa dan marwa bolek balik sebanyak tujuh kali. cara menghitung dari bukit shafa ke marwa satu kali dan dari marwa ke shafa Terhitung dua kali.

Ke empat tahallul yaitu mncukur rambut. Mencukur rambut dapat dikerjakan {beberapa|sebagian|lebih dari satu} dapat juga dicukur semuanya supaya lebih afdhol.
Kelima tertib. Yaitu dikerjakan secara berurutan,tidak boleh diloncat-loncat.
Itulah rukun dan tata cara ibadah umroh atau Badal Haji. Bismillah semoga saya pun dapat umroh meskipun satu kali didalam aeumur hidup. Bagi yang dapat tidak pwrlu menunda. Umroh juga dapat dikerjakan kala kita tengah berjalan-jalan.
Dalam umroh juga punya begitu banyak hikmah dan keutamaan loh, sama perihal mya seprti ibadah-ibadah lain. Pasti dapat tersedia sesuatau yang Allah beri untuk umatnya yang ikhlas melakukannya. Akan saya tulis di artikel setelah itu perihal keutamaan umroh.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *